Notification

×

Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711 Pemalang: Membangun Karakter, Kemandirian dan Kepemimpinan

Minggu, Juni 23, 2024 | 14:08 WIB Last Updated 2024-06-23T07:08:15Z

CIREBON RAYA | PEMALANG — Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijaya kusuma menggelar Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika yang menjadi ajang pengembangan diri para peserta yang dihadiri oleh 138 orang peserta Saka Wira Kartika dari tiap-tiap Koramil beserta  Panita dan pendukung. 

Kegiatan Persami kali ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan semangat kemandirian dan kepemimpinan melalui berbagai kegiatan dan pembelajaran dalam bidang pengetahuan wawasan kebangsaan maupun keterampilan menghadapi berbagai situasi dengan penuh tantangan yang dilaksanakan dari hari Sabtu 22 Juni sampai dengan Minggu 23 Juni tahun 2024, Minggu ,(23/06/2024)

Persami dapat menjadi salah satu sarana bagi peserta pramuka untuk mengasah karakter dan kemampuan dalam berkompetisi, menghadapi tantangan, bekerja sama dalam tim, dan mengasah kreativitas. 

Dalam acara ini, upacara pembukaan dilakukan oleh Pasiter Kodim 0711/Pemalang Lettu Arm  Norma Firdaus, yang dalam amanatnya menyampaikan  bahwa Saka Wira Kartika merupakan Pembinaan generasi muda oleh TNI AD dalam wadah Pembinaan gerakan Pramuka Saka Wira Kartika  yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, guna membantu Pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang memiliki kesadaran bela negara secara dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah tanah air dikalangan generasi muda sekarang ini.

Seperti halnya dalam kegiatan Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711/Pemalang, seluruh kegiatan diadakan dalam rangka menumbuhkan semangat kemandirian dan kepemimpinan. Oleh karena itu, penting bagi setiap peserta untuk tetap fokus dan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh hasil terbaik.

Pemberian Pengetahuan Wawasan Kebangsaan merupakan salah satu pelajaran yang diberikan dalam acara ini. Materi yang diberikan meliputi pemahaman sejarah Indonesia, cinta tanah air, dan toleransi budaya yang sangat penting bagi para peserta pramuka.

Uji 5 Krida terdiri dari Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana alam menjadi salah satu tantangan bagi para peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711/Pemalang dalam menguji kemampuan mereka dalam menghadapi variasi tantangan. 

Setiap krida menguji kemampuan peserta dalam menghadapi situasi yang berbeda, sejalan dengan semangat kepramukaan. Hasil pengujian diharapkan akan melahirkan pemimpin masa depan yang handal, mandiri, dan tangguh.

Lettu Arm Nourma Firdaus menyampaikan "Pada kesempatan ini, peserta juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya dalam Pentas Seni. Pentas seni ini menjadi satu-satunya acara yang menampilkan kreasi para peserta, dan menjadi wahana yang sangat baik bagi peserta untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka.

Pada akhirnya, acara Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711/Pemalang  diakhiri dengan upacara penutupan dan penyerahan trophy lomba 5 Krida. Setiap peserta mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat penting bagi pengembangan diri mereka. 

Momen ini menjadi ajang untuk berbagi pengalaman yang diperoleh dalam acara Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0711/Pemalang dan juga sekaligus menjadi momen untuk tetap mengenang semua pengalaman berharga yang pernah mereka dapatkan selama kegiatan Persami ini serta para peserta diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang mampu menjadi teladan bagi generasi muda selanjutnya, pungkasnya. (r/himawan)